Sekilas Program Studi

Saat ini, industri mengalami perubahan secara besar-besar terutma ketergantungan pada perkembangan pesat pada teknologi. Dengan tantangan dan perubahan keadaan industri, sistem pendidikan tinggi perlu adaptif. Universitas Indonesia akan mengambil peran sebagai Leading University dalam menjawab tantangan di atas dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, seperti universitas tertua di Indonesia, terletak di ibukota, memiliki alumni yang menempati banyak posisi kunci dalam pemerintahan, memiliki green campus yang luas, dan memiliki lulusan yang memiliki daya saing tinggi. Sebagai bagian dari Universitas Indonesia, Program Studi Magister Matematika FMIPA UI akan mengambil peran yang sama dengan Universitas Indonesia. Apalagi perkembangan bidang Matematika menjadi salah satu bidang pendukung utama dari revolusi industri 4.0 terutama terkait dengan teknologi pengelolaan data, seperti analisis big data dan sains data (data science). Bahkan, data analysis dan data scientist adalah bidang pekerjaan yang paling dicari oleh Industri berdasarkan future of jobs survey 2020 oleh world economic forum.

Program studi Magister Matematika merupakan program studi di bawah Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Alam Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI). Program studi ini diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Indonesia no. 706/SK/R/UI/2007, tanggal 22 Oktober 2007. Program Magister Matematika FMIPA UI telah terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi berdasarkan Surat Keputusan no. 168/SK/BAN-PT/Akred/M/I/ 2018 tertanggal 3 Januari 2018.

Program Studi Matematika FMIPA UI memiliki 17 staf pengajar berpendidikan Doktor (S3) dengan dua diantara adalah Guru Besar. Bidang keahlian staf pengajar mulai dari matematika teori, pemodelan dan aplikasi matematika, sains data, serta ilmu aktuaria.

Visi

Menjadikan Program Studi Magister Matematika FMIPA UI sebagai institusi unggulan bidang matematika, sains data dan terapan interdisipliner bidang life sciences, industri dan pemerintahan melalui riset yang mampu berperan di tingkat nasional dan global guna memajukan sains dan pembangunan berkelanjutan.

Misi

  1. Menghasilkan lulusan yang dapat mengikuti perkembangan matematika, sains data, dan terapannya
  2. Mendukung dan mengembangkan kegiatan penelitian matematika, sains data dan terapan interdisipliner bidang life sciences, industri dan pemerintahan
  3. Memberikan layanan informasi, konsultasi dan solusi bidang matematika dan sains data serta terapannya di bidang interdisipliner yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membantu perkembangan industri dan pemerintahan.

Tujuan

  1. Mempunyai kemampuan pemahaman yang handal bidang matematika dan sains data untuk menyelesaikan persoalan teori dan terapannya
  2. Mempunyai etika yang baik dalam profesi yang ditunjang oleh daya analitis yang logis, kritis, inovatif dan mampu belajar mandiri serta beradaptasi dengan perkembangan ilmu dan teknologi di bidang matematika, sains data dan terapannya.
  3. Mempunyai kemampuan menjadi peneliti awal di bidang matematika, sains data dan terapannya
  4. Mempunyai kemampuan karier profesional melalui penerapan dan pengembangan model matematis, sains data dan terapannya untuk memecahkan masalah sains, teknologi dan terapan interdisipliner melalui riset bidang life science, industri dan pemerintahan.

Kurikulum

Terdapat dua jalur studi pada Program Studi Magister Matematika FMIPA UI, yaitu

  1. Jalur Kuliah
  2. Jalur Riset

Secara umum, perbedaan kedua jalur tersebut adalah pada struktur dan isi kurikulum. Jalur Kuliah menggabungkan antara kegiatan perkuliahan dan riset. Sementara, Jalur Riset hanya menekankan pada kegiatan riset, sehingga diutamakan untuk calon mahasiswa yang sudah memiliki latar belakang riset dan publikasi ilmiah.

Untuk menyelesaikan Magister Matematika FMIPA UI, mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti kegiatan akademik dengan bobot minimal 36 SKS dalam rentang waktu dua semester sampai enam semester.

Download Buku Kurikulum 2020 Prodi S2 Matematika (klik di sini)

Bidang Minat

Terdapat tiga Bidang Minat pada Program Studi Magister Matematika FMIPA UI, yaitu:

  1. Matematika Teori
  2. Sains Data
  3. Pemodelan dan Terapan.

Capaian Pembelajaran Lulusan

Distribusi Mata Kuliah Jalur Kuliah

Mata Kuliah Wajib Jalur Kuliah

Mata Kuliah Bidang Minat Jalur Kuliah

Distribusi Mata Kuliah Jalur Riset

Video Profil Program Studi S2 Matematika FMIPA UI