Departemen Matematika didirikan pada tahun 1961, bersama-sama dengan Departemen Fisika, Kimia, dan Biologi.  Saat ini Departemen Matematika menempati gedung berlantai 4 di lingkungan FMIPA Kampus UI Depok.

Sejak tahun 2017, Departemen Matematika telah memiliki 4 (empat) program studi yaitu Program Studi Sarjana Matematika, Statistika, Ilmu Aktuaria, dan Program Studi Magister Matematika. Visi Departemen Matematika  “menjadi institusi unggulan bidang matematika dan terapannya yang mampu berperan di tingkat global”. Sedangkan misi yang diemban adalah (i) melaksanakan kegiatan Tridharma untuk menghasilkan lulusan Departemen Matematika FMIPA UI yang unggul dan mampu bersaing di tingkat global;  (ii) mengembangkan atmosfer akademik dan budaya riset bagi kemajuan maetamtika dan terapannya untuk menghasilkan inovasi serta solusi yang bermanfaat dalam pembangunan nasional;  (iii) memberikan kontribusi dan peran aktif dalam pengembangan matematika dan terapannya di tingkat global.  

Prodi Sarjana Matematika telah memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan telah diases di tingkat ASEAN melalui ASEAN University Network – Quality Assurance (AUN-QA). Pada tahun 2021 Prodi Sarjana Matematika sedang dalam persiapan akreditasi internasional ASIIN. Departemen Matematika mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemendikbud melalui pembukaan mata kuliah secara daring atau Massive Open Online Courses (MOOCs) yang dapat diikuti oleh mahasiswa dari dalam dan luar negeri. Saat ini Departemen Matematika memiliki  41 orang dosen  tetap dan tidak tetap, 18 orang bergelar Doktor dan 23 orang bergelar Magister.