KONGRES XII IKAHIMATIKA INDONESIA

IKAHIMATIKA Indonesia (Ikatan Himpunan Mahasiswa Matematika Indonesia) merupakan satu-satunya wadah bagi organisasi mahasiswa matematika sebagai organisasi profesional, ilmiah, dan independen yang memiliki tujuan untuk meningkatkan profesi matematika yang ada di Indonesia. IKAHIMATIKA Indonesia berdiri secara resmi pada tanggal 10 Desember 1998.

Kongres IKAHIMATIKA Indonesia pada tanggal 25-29 Mei 2016 kemarin merupakan kongres yang ke-12 dan bertempat di Universitas Riau, Pekanbaru, Riau. Banyak hal yang dilakukan dan banyak hasil yang didapatkan dari kongres XII, diantaranya adalah penerimaan laporan pertanggung jawaban pengurus pusat IKAHIMATIKA Indonesia periode 2014-2016, pengesahan amandemen AD/ART Ikahimatika Indonesia, serta sekretaris jenderal yang baru untuk periode kepengurusan 2016-2018.

Berikut adalah detail kegiatan Kongres XII IKAHIMATIKA Indonesia di Pekanbaru, Riau :

25 Mei 2016

Pukul 11.25 WIB tiba di bandara Sultan Syaif Kasim II disambut oleh panitia kongres dari Universitas Riau. Semua delegasi yang pada saat itu tiba diwaktu yang sama diantar oleh panitia menuju hotel. Setelah itu seluruh delegasi beristirahat di kamar masing-masing, berkenalan dan bercengkrama dengan delegasi dari berbagai daerah hingga pukul 18.30 WIB, karena setelah itu seluruh delegasi dan panitia melakukan kegiatan penyambutan delegasi di Auditorium FMIPA Universitas Riau.

Dalam penyambutan, hadir bupati Himpunan Mahasiswa Matematika FMIPA Universitas Riau, sekretaris jenderal IKAHIMATIKA Indonesia periode 2014-2016, serta wakil dekan FMIPA Universitas Riau. Para delegasi disuguhkan berbagai tarian yang berasal dari Riau, selayang pandang tentang IKAHIMATIKA oleh sekjen dan foto bersama.

 

26 Mei 2016

Hari dimulai dengan berolahraga bersama di sekitar hotel dan sarapan bersama kemudian dilanjutkan ke aktivitas pribadi. Setelah itu para delegasi diantarkan ke perpustakaan Provinsi Riau yang indah nan megah untuk grand opening di auditoriumnya.

Dalam pembukaan, hadir perwakilan dari pemerintah Provinsi Riau. Sementara gubernur Riau berhalangan untuk hadir. Pembukaan diawali dengan tarian yang berasal dari Riau, kemudian sambutan-sambutan. Setelah sambutan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan seminar nasional, dengan pembicara Faldo Maldini (Fisika FMIPA UI 2008) bertema Study an Living Abroad.

Kegiatan dilanjutkan dengan solat dzuhur di Masjid Agung Riau dan makan bersama di kediaman wakil walikota Pekanbaru. Disana, para delegasi disambut dengan hangat oleh wakil walikota yang juga lulusan dari Matematika Universitas Riau. Makanan khas Riau disuguhkan bagi para delegasi. Waktu terus berjalan hingga akhirnya berpamitan dengan wakil walikota untuk kemudian kembali ke hotel melanjutkan agenda bersama yaitu sidang pembukaan kongres IKAHIMATIKA.

Sidang pembukaan dipimpin oleh pimpinan sidang dari Badan Pengawas Organisasi (BPO) IKAHIMATIKA Indonesia periode 2014-2016. Sidang 26 Mei 2016 membahas tentang tata tertib sidang, pemilihan presidium sidang tetap, laporan kegiatan dari BPO IKAHIMATIKA Indonesia periode 2014-2016, dan laporan pertanggung jawaban pengurus pusat IKAHIMATIKA periode 2014-2016.

Sidang mengenai tata tertib sidang berjalan cukup lama, dan kemudian dilanjutkan dengan pemilihan presidium tetap. Dalam hal ini, dengan mengucap syukur, saya Oki Saputra Jaya, perwakilan dari HMD Matematika FMIPA UI dipercaya oleh himpunan lain untuk menjadi presidium sidang tetap, didampingi oleh Rifa dari UHAMKA dan Fitri Aulia dari UNAND. Kemudian sidang dilanjutkan dan dipimpin oleh kami dengan agenda yaitu laporan kegiatan dari BPO IKAHIMATIKA Indonesia periode 2014-2016 dan laporan pertanggung jawaban pengurus pusat IKAHIMATIKA periode 2014-2016. Hari itu sidang berlangsung hingga lebih dari pukul 02.00 WIB kemudian diskors hingga pukul 08.00 WIB pada tanggal 27 Mei 2016.

 

27 Mei 2016

Pagi hari seperti biasa dimulai dengan kegiatan pribadi dan makan bersama di hotel. Nampak berbeda dari pagi sebelumnya, para delegasi terlihat cukup lelah karena sidang tadi malam selesai hingga larut, dan hari ini diharuskan untuk bangun pagi kemudian melanjutkan sidang.

Setelah makan selesai, sidang dilanjutkan dengan pembahasan LPJ pengurus pusat IKAHIMATIKA. Pembahasan berjalan alot hingga pukul 11.30 WIB sidang diskors untuk melaksanakan solat jumat. Kegiatan dilanjutkan dengan solat jumat di masjid Universitas Riau kemudian makan bersama dengan pihak rektorat Universitas Riau.

Sidang pun dilanjutkan dengan pembahasan yang sama hingga malam hari akhirnya mendapat keputusan yaitu menerima LPJ pengurus pusat IKAHIMATIKA Indonesia periode 2014-2016 dengan syarat. Kemudian pembahasan selanjutnya yaitu AD/ART IKAHIMATIKA Indonesia periode 2016-2018. Pembahasan terus berlanjut hingga jarum jam menunjukkan pukul 03.30 kemudian dipending sampai kegiatan field trip di tanggal 28 Mei 2016 selesai.

 

28 Mei 2016

Spesial di hari Sabtu, 28 Mei 2016 , para delegasi diajak untuk field trip dengan tujuan ke Kabupaten Siak. Disana peserta disambut oleh perwakilan dari pemerintahan Kabupaten Siak dan makan siang bersama. Kemudian para delegasi diajak berkeliling disekitar lokasi untuk mengunjungi Istana Sultan Syarif Kasim, berfoto bersama, melihat-lihat segala isi yang ada disana. Kegiatan ini berlangsung hingga sore hari, kemudian peserta delegasi kembali ke hotel.

 

Setelah kembali para delegasi beristirahat mandi dan makan malam kemudian melanjutkan sidang. Sidang dilanjutkan dengan pembahasan AD/ART IKAHIMATIKA periode 2016-2018, pembahasan dan penetapan GBHK (Garis Besar Haluan Kerja), pemilihan Sekretaris Jenderal IKAHIMATIKA Indonesia periode 2016-2018, pemilihan Badan Pengawas Organisasi (BPO) IKAHIMATIKA Indonesia periode 2016-2018, pemilihan tuan rumah untuk MUKERNAS dan Kongres selanjutnya.

Sidang membahas semua itu dan berjalan cukup lama hingga akhirnya berakhir pada pukul 07.30 WIB 29 Mei 2016 dan mendapatkan banyak hasil. Diantaranya adalah :

  1. Ahmad Fajriyanto, dari UNY, sebagai sekretaris jenderal IKAHIMATIKA Indonesia periode 2016-2018.
  2. Mukernas akan dilaksanakan di UNY, tiga sampai enam bulan setelah kongres XII selesai.
  3. Kongres XIII akan dilaksanakan di K

 

29 Mei 2016

Setelah sidang selesai pagi hari, kegiatan dilanjutkan dengan penutupan acara. Penutupan dilakukan dengan khidmat dan megah. Berbagai tarian dan pertunjukkan disuguhkan oleh panitia. Setelah penutupan selesai, kegiatan selanjutnya adalah mencari oleh-oleh dan kembali ke Universitas tercinta, Universitas Indonesia.

 

Reporter: Oki Saputra Jaya

Leave a Reply