Dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0, salah satu kompetensi yang harus dimiliki setiap orang adalah kompetensi dalam literasi statistika. Di jenjang pendidikan dasar dan menengah, materi atau kajian mengenai statistika diberikan sebagai bagian dari mata pelajaran matematika. Kemampuan literasi statistika ini sangat penting bagi semua orang dalam menentukan keputusan berdasarkan informasi yang diperoleh, sehingga memiliki ketepatan dalam membuat sebuah kesimpulan. Kemampuan literasi ini harus dikembangkan sejak dini karena membutuhkan proses yang sangat lama. Kompetensi guru dalam meningkatkan kemampuan literasi statistika ini memberikan kontribusi yang sangat besar.

Dalam rangka menguatkan kemampuan literasi statistika guru matematika SMA dan sederajat, maka Tim Dosen Program Studi Statistika Departemen Matematika FMIPA Univesitas Indonesia mengadakan pengabdian masyarakat. Pengabdian masyarakat yang dikemas dalam bentuk workshop online diselenggarakan bekerjasama dengan MGMP bidang matematika Kota Depok dan Jakarta. Pengabdian ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 9 November 2022.

Tim dari Program Studi Statistika Departemen Matematika FMIPA UI terdiri dari Prof. Alhadi Bustamam, S.Si., M.Kom., Ph.D. sebagai ketua Departemen Matematika FMIPA UI, Prof. Dr. Titin Siswantining, D.E.A. sebagai ketua Program Studi Statistika sekaligus fasilitator, Dr. Dra. Yekti Widyaningsih, M.Si sebagai keynote speaker, dan fasilitator Dra. Saskya Mary Soemartojo, M.Si., Dra. Rianti Setiadi, M.Si., Dr. Dra. Dian Lestari, D.E.A., Dra. Ida Fithriani, M.Si., Dra. Siti Nurrohmah, M.Si., Sarini Abdullah, S.Si., M.Stats., Ph.D., Mila Novita, S.Si., M.Si., Rahmat Al Kafi, S.Si., M.Si. dan Gianinna Ardaneswari, S.Si., M.Si. sebagai moderator serta dibantu 3 mahasiswa prodi statistika sebagai asisten yaitu Naufal Fahri Muhammad, Myra Azzahra Putri Syah Indra, dan Kamal Muftie Yafi. Workshop ini dihadiri sekitar 109 guru matematika dari 204 pendaftar dari berbagai kota, seperti Depok, Jakrta, Yogyakarta, Palembang, dan sebagainya. Materi yang disampaikan dalam workshop ini, yaitu Peningkatan Literasi Statistika untuk Guru Tingkat SMA dan Sederajat: Distribusi Normal. Setelah workshop ini, diharapkan dapat mendukung pembelajaran dari guru dan meningkatkan hasil belajar siswa yang dapat dilihat berdasarkan Asesmen Nasional. Lebih lanjut, hal ini sebagai langkah awal bagi masyarakat pada umumnya agar mendapatkan pemahaman tentang statistika dengan tepat dan benar.

Kegiatan dibuka oleh Ketua Departemen Matematika FMIPA UI Prof. Alhadi Bustamam, S.Si., M.Kom., Ph.D., dalam sambutannya, Prof. Alhadi Bustamam, S.Si., M.Kom., Ph.D. menyampaikan bahwa pengabdian ini sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Masyarakat. Beliau juga menyampaikan bahwa dengan dilaksanakannya workshop ini semoga dapat memberikan manfaat kepada guru guna meningkatkan kompetensi dalam pengajaran literasi statistika.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan paparan materi oleh Dr. Dra. Yekti Widyaningsih, M.Si. dan berikutnya peserta dibagi menjadi 3 kelompok untuk masuk ke dalam breakout room untuk diskusi dan pembahasan post-test bersama para fasilitator. Peserta workshop sangat antusias mengikuti workshop ini. Workshop diakhiri dengan penutupan oleh ketua Program Studi Statistika, Prof. Dr. Titin Siswantining, D.E.A.