Departemen Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI), kembali mengadakan pengabdian masyarakat  dengan memberikan pelatihan dan edukasi kepada guru SMA di Depok dan sekitarnya. Pelatihan yang diberikan yaitu pelatihan CAS (Computer Algebra System) pada GeoGebra dalam geometri analitik dimensi 2. Kegiatan ini diadakan pada hari Jumat, 18 November 2022 di Departemen Matematika, FMIPA UI. Jumlah peserta yang hadir adalah 39 guru SMA dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Pada pelatihan tersebut hadir pula Ketua MGMP Matematika SMA Depok, Bapak Subejo, S.Pd, MM. dan Ketua MGMP Matematika SMA Jakarta, Bapak Iman Santoso, M.Pd.

Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Departemen Matematika FMIPA UI dalam rangka mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah agar guru-guru di wilayah Jabodetabek, khususnya di wilayah Depok, dapat memanfaatkan kemajuan teknologi berupa CAS pada GeoGebra dalam proses kegiatan belajar mengajar.

GeoGebra merupakan salah satu perangkat lunak (software) yang mudah digunakan untuk belajar geometri analitik secara interaktif dan membantu dalam pembuatan soal geometri analitik. Perangkat lunak ini dapat dijalankan pada sistem operasi Android, iOS, Linux dan Windows. Perangkat lunak ini dapat diunduh secara gratis di komputer desktop, komputer laptop, tablet dan telepon seluler. Program ini dibuat oleh Markus Hohenwarter di University of Salzburg, Austria pada tahun 2001. GeoGebra mempunyai beberapa perspektif dalam melihat objek matematika, di antaranya adalah Graphing dan Computer Algebra System (CAS).

Rangkaian acara dimulai dari sambutan oleh Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) FMIPA UI yaitu Dr. Dipo Aldila dan sambutan sekaligus pembukaan oleh Ketua Departemen Matematika FMIPA UI yaitu Prof. Alhadi Bustamam, S.Si., M.Kom., Ph.D. Berikutnya adalah pemaparan materi yang disampaikan oleh Dr. Hengki Tasman, S.Si., M.Si. Materi yang disampaikan adalah  teori objek geometri di ruang dimensi 2 (seperti garis, lingkaran, berkas garis dan berkas lingkaran) dengan menggunakan perspektif CAS. Diberikan pula beberapa contoh masalah yang diselesaikan dengan menggunakan perspektif CAS dan Graphing. Kegiatan diakhiri dengan praktek dan diskusi antara peserta,  narasumber sebagai fasilitator dan asisten pelatihan.

 

Dosen-dosen sebagai narasumber yaitu, Dra. Siti Aminah, M.Kom., Dra. Nora Hariadi, M.Si., Rahmi Rusin, S.Si., M.Sc.Tech., Ph.D., Dra. Bevina D. Handari, M.Sc., Ph.D. dan Prof. Alhadi Bustamam, S.Si., M.Kom., Ph.D. Pelatihan ini juga melibatkan mahasiswa program Magister Departemen Matematika FMIPA UI, yaitu Rahma Rosaliana Saraswati dan mahasiswa program studi S1, yaitu Muhammad Daffa, Hanif Pramudya, Rafi Alvanzah, Owen Mulianto, sebagai asisten pelatihan.