Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) melalui Departemen Matematika memberikan pelatihan dan edukasi kepada guru SMA di Depok tentang pengaplikasian software GeoGebra untuk Geometri Analitik Dimensi 2, pada hari Jumat 29 Juli 2022 secara daring melalui platform Zoom. Kegiatan tersebut merupakan implementasi dari program pengabdian masyarakat (pengmas). Pada pelatihan tersebut, hadir juga beberapa peserta dari SMA Tangerang.

Program pengmas ini merupakan salah satu wujud kepedulian Departemen Matematika FMIPA UI dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Tujuan pelaksanaan pengmas ini agar guru-guru dapat lebih mudah dan cepat untuk memberikan ilustrasi geometri secara interaktif, sehingga murid-murid dapat segera melihat perubahan yang terjadi apabila suatu parameter diubah. Dengan demikian, harapannya para guru juga dapat memeriksa jawaban yang didapat oleh siswa/i lebih efisien → sehingga siswa dapat memahami masalah geometri dengan lebih mudah.

GeoGebra merupakan salah satu software pendidikan di bidang Matematika. Program ini bersifat open platform yang dapat berjalan di perangkat berbasis Android, perangkat berbasis iOS, dan perangkat berbasis Windows. Selain itu, Geogebra juga bisa diakses secara web-based.

Program GeoGebra dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah di bidang Kalkulus, Geometri dan Statistika. Pada pelatihan ini, Tim GeoGebra Departemen Matematika FMIPA UI memberikan pelatihan GeoGebra untuk guru-guru SMA di Depok. Materi pelatihan difokuskan pada penggunaan GeoGebra dalam menyelesaikan  masalah Geometri Analitik di ruang berdimensi 2.

Pelatihan berisi pemaparan teori objek geometri di ruang dimensi 2 (seperti garis, lingkaran, dan berkas lingkaran), disampaikan oleh bapak Dr. Hengki Tasman. Beberapa contoh masalah  diberikan dan diselesaikan secara analitik dan simulasi. Peserta juga diberikan beberapa masalah geometri yang harus diselesaikannya secara analitik dan simulasi.

Dosen-dosen yang terlibat sebagai narasumber adalah Dra. Siti Aminah, M.Kom., Dra. Nora Hariadi, M.Si.,  Dr. Rahmi Rusin, Dr. Bevina D. Handari, Prof. Dr. Alhadi Bustamam, Dr. Denny Riama Silaban, dan Dr. Zuherman Rustam. Pelatihan ini juga melibatkan mahasiswa-mahasiswa prodi S2 dan S1 Matematika yaitu Hendrico Yehezky Nata Atmadja, Muhammad Daffa, Hanif Pramudya, Rafi Alvanzah, dan Owen Mulianto.

Rencananya, Departemen Matematika akan menggelar pengmas kembali di waktu mendatang. Pengmas yang akan berjalan nanti, yaitu pelatihan lanjutan tentang GeoGebra untuk Geometri  Analitik di Dimensi 3.