PRISMA #3

PRISMA1PRISMA2

Tahun ajaran 2015/2016 telah datang, artinya Departemen Matematika FMIPA UI memiliki keluarga baru. Keluarga tersebut adalah Mahasiswa Departemen Matematika angkatan 2015 (Maba 2015). Tentunya, Maba 2015 ini membutuhkan suatu wadah untuk beradaptasi dengan lingkungan UI, dari tingkat universitas hingga tingkat departemen. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan berbagai kegiatan, diantaranya Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF) dan Pengenalan Departemen Matematika (PDM) pada bulan Agustus hingga September. Selain kedua kegiatan tersebut, Maba 2015 juga mengikuti Pembinaan Karakter dan Rekreasi Islam Matematika #3 (PRISMA #3) .

Pada tanggal 10 Oktober 2015 PRISMA #3 dilaksanakan di lingkungan FMIPA UI. Para peserta hadir sejak pukul 06.30 dan masing-masing dari mereka membawa kado untuk ditukarkan di akhir acara. Aktivitas pertama yang mereka lakukan adalah sholat dhuha dan tilawah bersama-sama, sembari menunggu pembukaan yang dilaksanakan di Gedung B Ruang 201 FMIPA UI. Setelah waktu menunujukkan pukul 08.00 kegiatan yang bertema “Menerangi Cahaya Hati Kebersamaan sebagai Muslim” pun resmi dibuka.

Acara talkshow yang terdiri dari 2 sesi mengisi rangkaian kegiatan PRISMA #3 berikutnya. Pembicara pada sesi pertama adalah Tino Gaus Matematika 2006 dengan moderator Miftahul Haq – Matematika 2013. Kemudian, pembicara pada sesi kedua adalah Andreas Senjaya dengan moderator Raynaldi – Matematika 2013. Di sela-sela acara talkshow, dilaksanakan juga ice breaking. Acara talkshow ini memberikan inspirasi kepada peserta untuk menjadi pribadi muslim yang terbaik dengan cara berkarya di berbagai lini. Kemudian muslim juga harus bahu membahu dalam membangun ukhuwah islamiah, agar mampu menerangi cahaya hati pribadi muslim itu sendiri.

Setelah mengikuti talkshow para peserta yang dibagi menjadi 5 kelompok putera dan 7 kelompok puteri. Kelompok-kelompok ini mengikuti outbound yang dilaksanakan di lingkungan sekitar FMIPA UI. Setiap kelompok berkeliling FMIPA, berpindah dari pos 1 sampai pos 6. Outbound ini menjani ajang bagi peserta untuk beristirahat sejenak dari kehidupan perkulihan. Banyak games yang ada di outbound ini, seperti dodge ball, mini drama, mini poster, bukmun ‘umyun, trouble hand, dan bom of balloon.

Acara selanjutnya adalam pembentukan Forum Muslim Angkatan Departemen Matematika 2015 (FMA 2015) serta pemilihan Ketua dan Koordinator Akhwat (Korwat) FMA 2015. Setelah melewati proses musyawarah terpilihlah Handaru sebagai Ketua dan Siti Sa’diyah sebagai Korwat FMA 2015. Kemudian sebagai penutup kegiatan PRISMA #3 dilakukan pembagian kado kepada para peserta.

Reporter : Revi Nurfathhiya Hadiarti

Leave a Reply