MAPLE: “How to Face AEC (ASEAN Economic Community) as a Mathematician”

Acara Maple (Mathematician Plan for Future) yang sangat bermanfaat dan berwawasan ini, telah dilaksanakan oleh Departemen Biner HMDM FMIPA UI 2016 pada Rabu, 20 April 2016. Maple tahun ini mengambil tema yang sedang hangat diperbincangkan, yaitu “How to Face AEC as a Mathematician” dengan seorang pembicara yang merupakan alumni Matematika tahun 2011, yaitu Kal Alamsyah. Acara dan tema ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa Departemen Matematika, khususnya mahasiswa tingkat akhir dalam mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia kerja.

 

Dalam seminar ini, pembicara menyampaikan beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN khususnya sebagai lulusan matematika, yaitu:

 

  1. Persiapan diri dari segi hardskill maupun softskill.
  2. Menjadikan AEC sebagai peluang untuk mengembangkan diri sebagai seorang matematikawan.
  3. Berusaha dalam bersaing memperoleh kesempatan kerja dengan lulusan bukan matematika.

 

Sebagai kaum muda khususnya lulusan matematika, ada banyak hal yang harus dilakukan untuk bisa bersaing dan bertahan dalam era AEC ini. Selain kemampuan dalam bidang akademis yang harus ditingkatkan, softskill yang dimiliki seorang individu juga sangat penting untuk diasah, misalnya berinteraksi dengan banyak orang, karena situasi seperti itu akan dihadapi nantinya. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kemampuan dalam menghadapi masalah, seorang individu harus mampu bertahan menghadapi masalah dan berusaha menganalisa masalah agar mendapatkan solusi yang tepat dalam menyelesaikan masalah yang ada.

 

Banyak yang hal yang dapat diambil dari acara Maple kali ini, yakni persiapan-persiapan dalam menghadapi EAC dengan cara mengasah softskill disamping meningkatkan hardskill. Acara Maple saat itu berlangsung dengan kondusif dan peserta yang hadir juga sangat antusias dalam mendengarkan dan mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan tema. Hal ini tentunya didukung oleh pembicara yang komunikatif dalam berinteraksi dengan peserta.

 

Reporter: Ayu Andhika

Leave a Reply