FORSIL 2015

FB_IMG_1450960673999

FB_IMG_1450960768146

Terdapat suatu acara yang sudah setiap tahunnya dilaksanakan dan dihadiri oleh warga Matematika FMIPA UI yaitu FORSIL (Forum Silahturahmi). Acara ini telah selesai dilaksanakan, tepatnya pada 14 November 2015 di gedung B.101 FMIPA UI. Semua anggota dari Departemen Matematika FMIPA UI pasti sudah menunggu acara yang satu ini. Acara ini diadakan dengan tujuan agar warga matematika lebih mengenal satu sama lain. Project Officer dari FORSIL 2015 adalah Priya Arif, Matematika 2014.

Setiap tahunnya, FORSIL dikemas dengan tema yang unik dan berbeda-beda. Tahun ini FORSIL mengangkat tema animasi. FORSIL 2015 mengangkat tema ini karena animasi merupakan salah satu bentuk hiburan yang dapat dinikmati oleh semua generasi. Animasi juga seperti hal yang timeless, karena kita dapat terus menonton animasi tanpa memandang umur. Contohnya, menonton kembali kartun yang sering kita tonton pada saat kita masih kecil akan membawa memori kebahagiaan tak terlupakan. Saat masih kecil, kita menonton animasi hanya sekedar menggemari karakternya beserta asesoris-asesoris yang ia pakai ataupun karena kekaguman kita akan alur ceritanya yang lucu. Namun, dibalik semua cerita lucu tersebut, yang paling akan kita ingat adalah memori kebahagiaan masa kecil kita saat menontonnya.

Hari Sabtu, 14 November 2015, menjadi hari dimana ruang B.101 sangat berwarna dan menyenangkan. Tak hanya dari ruangannya saja, tetapi juga para panitia dan peserta yang ikut membuat FORSIL 2015 menjadi lebih meriah. Bagaimana tidak, setiap panitia dan peserta diwajibkan mengenakan pakaian sopan bertemakan animasi saat datang ke FORSIL 2015. Berbagai macam karakter animasi bertebaran di B.101 pada hari itu. Ada yang mengenakan kostum feminimnya menjadi Jasmine, ada yang mengenakan kaos merah muda dan tas ungunya seperti Dora, dan ada pula yang menebalkan alisnya menjadi Shinchan. Tak kalah dari para peserta, MC pada hari itu juga menunjukkan kontribusi besar memakai kostum, Zahras dengan cantiknya memakai kostum Cinderella, Abby yang rela berkorban memakai baju tebal menjadi Super-Man yang mempunyai otot besar, dan Reiza yang mencoret-coret mukanya sedemikian sehingga ia mirip Joker. Beberapa kostum lainnya yang tak terlupakan pada hari itu adalah Maleficient dengan jubah serba hitamnya beserta tanduk, Russel lengkap dengan pin-pin yang ia kalungkan, Angelica versi berhijab dengan 2 kuncirannya dan Jessie dari Toy Story yang lengkap dari topi koboinya hingga motif sapi pada celananya. Sedangkan kostum yang paling umum pada hari itu adalah Minnie Mouse, tapi mereka pun tak kalah lucu dari yang lainnya.

PhotoGrid_1450962406510

Acara FORSIL 2015 ini berlangsung mulai pukul 8 pagi dan berakhir pada sekitar pukul 4 sore. Acara dimulai dengan sambutan oleh para MC yang dikemas seperti drama singkat antara Cinderella, Joker dan Super-Man. Selanjutnya, penampilan dari setiap angkatan pun dilaksanakan. Angkatan 2015, DISCRETE, menampilkan paduan suara yang menyanyikan theme songs dari berbagai kartun. Angkatan 2014, VARIABLE, menampilkan flashmob oleh para mahasiswa Matematika 2014 dan solo dance oleh salah satu dari mereka dengan mengenakan topeng gorila. Angkatan 2013, ALGEBRA, menampilkan drama berlatarkan desa Avatar dengan peran utamanya Dora dan diakhiri dengan penampilan flashmob. Angkatan 2012, MATRICES, menampilkan drama dengan peran utamanya salah satu wanita dan salah satu pria dari angkatan tersebut dan diselingi pula dengan tarian-tarian unik termasuk tarian India. Angkatan 2011-keatas, menampilkan nyanyian-nyanyian yang dibungkus seperti acara ‘Berpacu dalam Melodi’. Tak mau kalah dari angkatan-angkatan di Departemen Matematika FMIPA UI, PI-BPH FORSIL 2015 juga mempunyai penampilan sendiri. Penampilan dari para PI-BPH FORSIL 2015 adalah tampilan drama yang diawali dengan video dan diakhiri dengan live drama mengelamatkan Boot si monyet dalam kartun Dora The Explorer dari penyanderaan. Disela-sela penampilan angkatan, acara FORSIL 2015 dimeriahkan dengan games-games menyenangkan. Games dilaksanakan per kelompok sesuai dengan warna yang ada dalam undangan para peserta FORSIL 2015. Games-games tersebut membuat kemeriahan dalam FORSIL 2015 menjadi lebih seru.

Sebelum penghujung acara, angkatan 2012 menampilkan video tak terlupakan tentang MATRICES. Video tersebut cukup membuat suasana di ruang B.101 menjadi haru. Setelahnya, angkatan 2014 juga menayangkan video persembahan untuk kakak-kakak matematika 2012 yang dikemas dengan cara mengenakan topeng muka-muka mahasiswa matematika angkatan 2012. Hal tersebut membuat seluruh peserta tertawa, dikarenakan kelucuan dari topeng yang dikenakan maupun karena angket sebutan yang diberikan kepada angkatan 2012 sangat unik dan lucu. Suasana kembali menjadi haru saat mahasiswa matematika 2014 memberikan bunga dan kalender kenang-kenangan untuk para mahasiswa matematika 2012.

Akhirnya setelah semua rangkaian acara FORSIL 2015 selesai, salam-salaman antar seluruh warga Departemen Matematika FMIPA UI yang hadir pada hari itu pun dilaksanakan. Salam-salaman seperti ini menjadi salah satu tradisi yang tak terlewatkan dalam acara FORSIL pada setiap tahunnya. Hal ini menjadi salah satu simbol bahwa mahasiswa di Departemen Matematika FMIPA UI merupakan satu keluarga.

Reporter : Ridhani Faradina

PhotoGrid_1450962329036

Foto selengkapnya dapat diunduh di facebook Forsil Duaribulimabelas.

 

Leave a Reply