EKSKURSI SINUS XI

“Gue yang dulu kurang pandai dalam memposisikan diri kurang tanggap dan peka terhadap lingkungan sekitar, sampai pada akhirnya dengan ekskursi, kesalahan demi kesahalahan gue coba rubah dan ekskursi menjadi titik balik gue untuk menjadi pribadi yang lebih baik.” Itu lah kutipan kata-kata dari video teaser ekskursi Departemen Matematika UI 2016. Dilihat dari video teasernya saja kegiatan ekskursi ini sangat menarik. Tapi apakah ekskursi itu ?

 

Ekskursi adalah kegiatan dimana mahasiswa-mahasiswi Departemen Matematika FMIPA Universitas Indonesia mengunjungi perusahaan-perusahaan yang menjadi tujuan favorit lulusan Departemen Matematika di dunia kerja. Melalui ekskursi ini diharapkan mahasiswa dapat mengenal dunia kerja lebih dekat, dan dapat mencari gambaran tentang dunia kerja yang paling tepat.

 

Ekskursi ini dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 24 Agustus 2016 di BPS(Badan Pusat Statistik) dan IDX(Indonesia Stock Exchange), juga pada tanggal 25 Agustus 2016 di BPS dan World Bank.

 

Badan Pusat Statistik adalah lembaga Pemerintah Non Kementrian yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Melalui ekskursi ini para peserta menjadi tau segala tentang BPS mulai dari sejarahnya, fungsi, nilai-nilai, visi dan misi sampai pengetahuan tentang statistik itu sendiri. Tidak ketinggalan informasi tentang prospek kerja yang ada untuk lulusan matematika di BPS yang ternyata tidak sedikit, loh!

 

Berbeda dengan BPS, di Indonesia Stock Exchange yang merupakan bursa hasil penggabungan dari Bursa Efek Jakarta (BEJ) dengan Bursa Efek Surabaya (BES) peserta ekskursi mendapatkan begitu banyak pengetahuan baru mulai dari pertumbuhan pasar modal, investasi saham, pengertian saham itu sendiri sampai cara untuk ‘bermain’ saham yang ternyata dengan mudah dapat kita pahami, sebuah pengalaman yang luar biasa. Dipicu pertanyaan salah satu peserta, pembicara juga menerangkan tentang prospek kerja di Indonesia Stock Exchange yang ternyata sangat beragam dan pastinya kita yang akan menjadi lulusan Departemen Matematika UI punya banyak kesempatan untuk menjadi bagian Indonesia Stock Exchange.

Sedangkan di World Bank yang merupakan sebuah lembaga keuangan internasional yang menyediakan pinjaman kepada negara berkembang untuk program pemberian modal, tidak kalah serunya sesi seminar disini. Pembicara dari World Bank merupakan salah satu lulusan Departemen Matematika yang sangat luar biasa mengagumkan, yaitu Ibu Vivi Alatas. Diawali oleh staf humas World Bank yang menceritakan secara lebih detail tentang World Bank seperti tujuannya, apa saja yang dilakukan World Bank, negara mana saja anggotanya dan masih banyak lagi. Setelah itu, Bu Vivi Alatas yang mengisi sesi ekskursi, beliau berbagi tentang apa saja kompetensi kita sebagai mahasiwa matematika yang bisa digunakan di World Bank, lalu prospek kerja di World Bank dan yang lebih mengagumkan adalah ketika beliau berbagi mengenai sedikit cerita hidup beliau dan menyampaikan nasihat-nasihat yang sangat membangun. Sungguh luar biasa sosok Bu Vivi Alatas yang merupakan salah satu wanita berpengaruh di World Bank yang juga dapat menambah motivasi dan semangat belajar peserta ekskursi.

 

Begitu banyak yang dapat diambil dari 2 hari ekskursi Sinus XI. Bertemu orang-orang luar biasa dan mendapatkan ilmu serta pengalaman yang tidak bisa didapatkan di tempat lain. Ekskursi berjalan lancar dan pastinya merupakan sebuah kegiatan pengisi liburan yang sangat menyenangkan!

1 32421

Reporter: Nafizatus Salmi

Leave a Reply